Selasa, 12 Agustus 2014

Kegiatan Belajar 3_SENI BUDAYA XII KTSP



Kegiatan Belajar 3
1) Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu menjelaskan musikalitas berdasarkan unsur-unsurnya.
  • Siswa mampu menirukan unsur-unsur musik berdasarkan ritme dan melodi yang terdapat pada suatu lagu.
  • Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai musikal dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan jenis musiknya.

2) Uraian Materi
a) Unsur-unsur musik
Musik disusun oleh unsur-unsur yang saling berhubungan. Unsur-unsur itu meliputi: suara, nada, ritme, akord, notasi, dan harmoni.
1.    Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara. Teori musik menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periodenya, melainkan dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala (Inggris: pitch, yaitu tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timbre (warna bunyi).
2.    Nada adalah bunyi yang beraturan, yaitu memiliki frekuensi tunggal tertentu. Dalam teori musik, setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Istilah "nada" sering dipertukarkan penggunaannya dengan "not", walaupun kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti.
3.    Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).
4.    Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).
5.    Akord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Akord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Akord ini digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Ketika Anda menekan tiga tuts piano C, E dan G secara bersamaan, ini berarti anda sudah memainkan akord. Contoh alat musik lainnya yang bisa memainkan akord adalah gitar (akustik dan listrik), organ, electone.
6.    Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.
7.    Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan oleh not (walaupun kadang istilah nada dan not saling dipertukarkan penggunaannya). Tulisan musik biasa disebut partitur. Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.

b) Penerapan Nilai-nilai Musikal
Setiap musik yang digarap mengandung nilai-nilai musikal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai musikal ini adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pendengar. Dengan demikian, penerapan nilai-nilai musikal dirasa sangat bermanfaat karena merupakan cermin kehidupan.

3) Rangkuman 3
§  Musik disusun oleh unsur-unsur yang saling berhubungan. Unsur-unsur itu meliputi: suara, nada, ritme, akord, notasi, dan harmoni.

4) Tes Formatif 3

  1. Nyanyikanlah lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan memperhatikan unsur-unsur musikalnya!
  2. Nilai-nilai apa yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari lagu tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar