Selasa, 12 Agustus 2014

Kegiatan Belajar 6_SENI BUDAYA XII KTSP



Kegiatan Belajar 6
1.    Tujuan Kegiatan Belajar
Siswa dapat mendiskusikan pertunjukan musik berdasarkan unsur-unsur pendukungnya

2.    Uraian Materi
Aspek Pendukung pertunjukan musik
a.    Panggung 
Pengertian panggung disini, yaitu tempat atau ruangan yang digunakan untuk pertunjukan atau pementasan. Dan telah kita ketahui bahwa seni musik adalah salah cabang seni yang termasuk pada rumpun seni pertunjukan atau tontonan. Jadi seni musik sangat erat hubunganya dan membutuhkan sekali ruang atau temapt untuk pertunjukan.
Dibawah ini akan dikemukakan beberapa macam bentuk pertujukan yaitu :
·         Kalangan
Di bali sering pertunjukana dilakukana di lapangan terbuka, dimana jenis tempat pertunjukan ini lazim disebut dengan istilah kalangan.
·         Prascenium strage
Pada umumnya panggung ini merupakan panggung tertutup dimana kedudukan penonton lebih rendah dan tempat penonton dari satu arah yaitu dari depan/muka saja.
·         Amphi theatre
Adalah panggung tak bertata, kedudukan penonton lebih tinggi dari tempat pementasan kedudukan penonton makin ke belakang makin meninggi. Penonton dari tiga arah yaitu dari depan, samping kiri dan samping kanan.
b.    Tata Rias
Rias membantu mewujudkan ekspresi muka penyanyi dan pemain musi, yang harus dilaksanakan sebagai mana mestinya. Rias muka bukan sekedar bertujuan untuk menjadikan penari berwujud ganteng dan bukan sekedar mengubah muka saja.
c.    Tata Busana
Kostum membantu peranan gerak penyanyi secara utuh, juga mempunyai fungsi simbolis utama. Kostum yang digunakan benar benar serasi dan cocok di badan.
d.    Tema
Tema adalah ide pokok yang didasari suatu karya seni. Dlam menggarap musik apa saja menjadi tema, baik dari kejadian sehari-hari, pengalaman hidup yang sederhana, peringatan kepahlawanan, dan lain-lainya.

3.    Rangkuman
Aspek pendukung musik yaitu
tema, penggung, tata rias, dan tata busana

4.    Tes formatif
Lembar pengamatan
Lakukan kegiatan untuk mencari kaset/vcd, lagu tertentu kemudian laporkan hasilnya kepada guru.
1.                        kaset lagu dangdut
2.                        kaset lagu bali
3.                        kaset lagu indonesia
4.                        tulis penyanyi maupun pencipta lagu tersebut masing-masing 2!
5.                        tulis panggung, tata rias dan tata busana yang digunakan !
      Diskusikan secara berkelompok dengan teman-teman anda maksimal 4 orang tiap kelompok.
Kegiatan Belajar 7
    1. Tujuan Kegiatan Belajar
a.    Siswa dapat mendiskusikan pertujukan musik faktor pendukung dan penghambatnya
b.    Siswa dapat mendiskusikan manfaat pertunjukan musik bagi pemain dan penonton
    1. Uraian Materi
·         Faktor pendukung dan penghambat pertunjukan musik
a.    Faktor pendukung musik
               Alat musik, panggung, tata rias, manajemen
b.    Faktor Penghambat pertunjukan musik
Dana, ketidakdisiplinan, arogansi, dsb.
·         Manfaat pertunjukan musik
a.    sebagai sarana hiburan
b.    sebagai sumber penghidupan

    1. Rangkuman
§    Musik memeiliki faktor penghambat dan faktor pendukung.
§    Apabila kerjasama antar unsur dilaksanakan dengan baik, factor penghambat dapat diminimalisir.

    1. Tes formatif
Diskusikanlah rekaman sebuah proses pertunjukan musik untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukungnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar