Kegiatan
Belajar 6
1.
Tujuan
Kegiatan Belajar
Siswa dapat mendiskusikan
pertunjukan musik berdasarkan unsur-unsur pendukungnya
2.
Uraian
Materi
Aspek Pendukung pertunjukan musik
a.
Panggung
Pengertian
panggung disini, yaitu tempat atau ruangan yang digunakan untuk pertunjukan
atau pementasan. Dan telah kita ketahui bahwa seni musik adalah salah cabang
seni yang termasuk pada rumpun seni pertunjukan atau tontonan. Jadi seni musik
sangat erat hubunganya dan membutuhkan sekali ruang atau temapt untuk
pertunjukan.
Dibawah
ini akan dikemukakan beberapa macam bentuk pertujukan yaitu :
·
Kalangan
Di bali sering
pertunjukana dilakukana di lapangan terbuka, dimana jenis tempat pertunjukan
ini lazim disebut dengan istilah kalangan.
·
Prascenium
strage
Pada umumnya panggung
ini merupakan panggung tertutup dimana kedudukan penonton lebih rendah dan
tempat penonton dari satu arah yaitu dari depan/muka saja.
·
Amphi
theatre
Adalah panggung tak
bertata, kedudukan penonton lebih tinggi dari tempat pementasan kedudukan
penonton makin ke belakang makin meninggi. Penonton dari tiga arah yaitu dari depan, samping kiri dan samping kanan.
b.
Tata
Rias
Rias
membantu mewujudkan ekspresi muka penyanyi dan pemain musi, yang harus dilaksanakan
sebagai mana mestinya. Rias muka bukan sekedar bertujuan untuk menjadikan
penari berwujud ganteng dan bukan sekedar mengubah muka saja.
c.
Tata
Busana
Kostum membantu
peranan gerak penyanyi secara utuh, juga mempunyai fungsi simbolis utama.
Kostum yang digunakan benar benar serasi dan cocok di badan.
d.
Tema
Tema adalah ide pokok yang didasari suatu
karya seni. Dlam menggarap musik apa saja menjadi tema, baik dari kejadian
sehari-hari, pengalaman hidup yang sederhana, peringatan kepahlawanan, dan
lain-lainya.
3.
Rangkuman
Aspek pendukung musik yaitu
tema, penggung, tata rias, dan tata busana
4.
Tes
formatif
Lembar pengamatan
Lakukan kegiatan untuk mencari kaset/vcd,
lagu tertentu kemudian laporkan hasilnya kepada guru.
1.
kaset
lagu dangdut
2.
kaset
lagu bali
3.
kaset
lagu indonesia
4.
tulis penyanyi maupun
pencipta lagu tersebut masing-masing 2!
5.
tulis panggung, tata
rias dan tata busana yang digunakan !
Diskusikan secara berkelompok dengan teman-teman anda maksimal 4 orang tiap
kelompok.
Kegiatan
Belajar 7
- Tujuan Kegiatan Belajar
a. Siswa dapat mendiskusikan pertujukan musik faktor pendukung dan
penghambatnya
b.
Siswa
dapat mendiskusikan manfaat pertunjukan musik bagi pemain dan penonton
- Uraian Materi
·
Faktor pendukung dan
penghambat pertunjukan musik
a.
Faktor
pendukung musik
Alat musik, panggung, tata rias,
manajemen
b.
Faktor
Penghambat pertunjukan musik
Dana, ketidakdisiplinan, arogansi, dsb.
·
Manfaat
pertunjukan musik
a. sebagai sarana
hiburan
b. sebagai sumber
penghidupan
- Rangkuman
§ Musik memeiliki faktor penghambat dan faktor pendukung.
§ Apabila kerjasama antar unsur dilaksanakan dengan baik, factor penghambat
dapat diminimalisir.
- Tes formatif
Diskusikanlah rekaman sebuah proses
pertunjukan musik untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukungnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar