Selasa, 12 Agustus 2014

Kegiatan Belajar 4_SENI BUDAYA XII KTSP



Kegiatan Belajar 4
1.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu menjelaskan teknik sederhana dan mudah dalam menyanyi atau bermain musik
·         Siswa mampu memainkan musik/menyanyi secara individu atau kelompok

2.    Uraian Materi

A. Pengertian Musik/Vocal
Vokal menurut ensiklopedi musik dapat diartikan sebagai suara manusia. Dalam ilmu bahasa, huruf hidup disebut huruf vokal, hal ter-sebut karena huruf hidup merupakan unsur utama dalam menghidupkan bunyi bahasa itu sendiri. Dapat dipastikan bahwa rangkaian huruf yang tanpa disertai huruf hidup, tidak akan melahirkan bunyi yang berarti bagi telinga. Oleh karena itu kemudian vokal digunakan dalam menyebut huruf hidup, sekaligus sebutan bagi suara manusia.
Musik vokal, artinya karya musik yang dilantunkan dengan vokal. Musik vokal lazim disebut seni menyanyi. Sebenarnya, seni vokal dapat berlaku bagi yang mendalami seluk beluk vokal seperti presenter, drama dan MC (master of ceremony). Perbedaan seni vokal dalam menyanyi dengan seni vokal drama sangat jelas, yang satu musikal, yang satu lagi tidak musikal. Bagi yang memiliki keinginan menjadi penyanyi amatir, apalagi profesional, tidak cukup hanya bermodalkan warna suara yang bagus, tetapi perlu memiliki wawasan praktis tentang musik, dan penge-tahuan tentang teori musik.
Menyanyi dengan baik dapat dipelajari oleh setiap manusia termasuk bagi mereka yang merasa “belum bisa” menyanyi. Meskipun ada sekelompok orang yang dikatakan “tidak bisa” menyanyi yang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah: kekurangan dalam pendengaran, takut, cacat indra pendengaran (bisu-tuli), pita suara mengalami kerusakan dan sebagainya.
Ada beberapa hal yang dapat dipelajari untuk latihan bernyanyi.
1.    Jenis-jenis Suara Manusia
Wilayah atau ambitus suara manusia untuk menyanyikan suatu lagu terbatas pada tinggi atau rendah nada. Ada yang mampu menyanyikan dengan suara tinggi, ada yang sedang dan ada pula yang rendah. Oleh karena itu perlu sekali untuk mengetahui batas wilayah nada suara manu-sia, agar dalam memilih suatu lagu dapat disesuaikan dengan kemam-puan. Adapun jenis dan wilayah suara manusia tersebut dapat dibagi menjadi:
-Suara wanita, terdiri dari 3 suara : sopran, mezzo sopran, alto
-Suara pria, terdiri dari 3 suara : tenor, baritone, bass
-Suara anak-anak, terdiri dari 2 suara : tinggi, rendah

2.    Pernafasan
Organ-organ penting yang menyalurkan udara ke suara adalah paruparu. Akan tetapi tidak banyak orang yang menggunakan paruparunya dengan efisien. Dipandang dari segi kepentingan penyaluran
dan peme-liharaan udara bagi tubuh manusia, belajar menyanyi itu patut diper-hatikan dan dipraktikkan. Sebelum dapat menyanyi dengan baik, harus lebih dahulu belajar menggunakan udara di bawah tenggorokan. Untuk itu dalam beberapa waktu yang lama harus melakukan latihan-latihan bernafas secara khusus.
a.    Jenis Pernapasan :
Dalam bernyanyi, pernafasan tidak hanya memegang peranan dalam
menciptakan suara, tetapi juga suara yang dikehendaki dari suatu nynyian. Pernafasan yang teratur akan menciptakan irama yang teratur pula, karena bernafas merupakan irama yang sangat alamiah dalam kehidupan manusia. Jenis pernafasan yang digunakan dalam bernyanyi adalah :

  1. Pernafasan diafragma;
Yaitu pernafasan yang dilakukan dengan cara mengambil nafas kemudian dimasukkan kedalam paru-paru sehingga terisi penuh tanpa terjepit. Ruangan akan leluasa de-ngan menegangnya sekat rongga badan atau diafragma yang bergerak kebawah.
  1. Pernafasan dada;
Yaitu pernafasan yang dilakukan dengan cara mengambil nafas sepenuhnya kemudian dimasukkan kedalam paru-paru sehingga rongga dada membusung ke depan.
  1. Pernafasan bahu;
Yaitu pernafasan yang dilakukan dengan cara mengambil nafas dengan mengembangkan bagian atas paruparu, sehingga mendesak bahu menjadi terangkat keatas.

3.    Sikap Tubuh
Untuk dapat tampil menyanyi dengan baik, diperlukan sikap tubuh yang rileks namun penuh tenaga. Tubuh yang rileks adalah sikap yang baik dan benar. Secara fisik, sikap bernyanyi adalah seluruh bagian tubuh harus selalu dalam keadaan tidak kaku. Menggerakkan kani, tangan, kepala dan badan seperlunya. Secara psikispun, dalam menyanyi perlu jiwa yang lentur atau tidak tegang.
Dalam ketegangan yang tidak wajar, semua nyanyian yang sudah dilatih dengan baik dapat hilang seketika atau gagal. Untuk itu sikap menyanyi yang baik adalah dengan sikap bebas dari semua ketegangan, konsentrasi untuk menyanyi dan harus pandai menguasai diri.

4.    Membentuk Suara
Cara membentuk suara adalah dengan mendengarkan secara seksama nada-nada yang dikeluarkan, kemudian menelungkupkan tangan
pada daun telinga ke depan. Untuk dapat membentuk suara yang baik, perlu mengetahui hal-hal seperti berikut :
        Mengenal Organ Suara
Suara yang dimiliki oleh seorang penyanyi, bersumber dari selaput suara yang terdapat pada pangkal tenggorok serta didukung oleh organ-organ lain yang ada disekitarnya. Untuk itu, suara sebagai modal utama dalam menyanyi harus benar-benar diperhatikan dan dijaga kesehatannya agar tidak mengalami kecelakaan sewaktu benar-benar menyanyi atau pentas.
        Artikulasi/diksi
Bentuk atau sikap mulut sewaktu menyanyi sangat mempengaruhi pembentukan nada yang dihasilkan. Kesalahan umum yang terjadi
pada awal pelajaran menyanyi adalah bahwa mereka tidak bisa membuka mulutnya, sehingga suara yang dihasilkan kurang jelas. Banyak yang dihinggapi rasa rendah diri, malu jika ditertawakan apabila membuka mulutnya terlalu lebar. Padahal dalam menyanyi tidak usah terlalu memi-kirkan bagaimana bentuk wajah atau mulut, asalkan bernyanyi dengan sewajarnya dan tidak dibuat-buat.

5.    Menyambung suku kata dan aturan artikulasi dalam bernyanyi
Menyanyikan semua suku kata secara bersambung, jika ada dua huruf mati berjajar, disambung dengan baik tanpa pemenggalan.iika dahulu orang berpendapat bahwa artikulasi akan berkurang dengan bernyanyi secara bersambung. Sebagai cita-cita semua suku kata dipi-sahkan. Misalnya: ta-nah tum-pah da-rah-ku yang su-ci muli-a. Tetapi sekarang disadari bahwa rahasia dari ucapan yang jelas terletak dalam pengelompokkan kata yang mengungkapkan satu pengertian, dengan berpangkal pada kesatuan kelompok kata, masing-masing kata akan mendapat kedudukan yang wajar. Dengan demikian orang tidak hanya mendengar kata-kata saja, tetapi juga dapat menangkap artinya.
6.    Resonansi
Apa yang disebut dengan resonansi adalah fenomena yang ada sangkut pautnya dengan banyaknya rongga dalam tubuh manusia. Setiap orang yang menyanyi, resonansi akan timbul dari suara yang dihasilkan. Oleh sebab itu resonansi membantu memperbesar luas suara dan memperkuat daya tahan suara.
7.    Intonasi
Intonasi atau menyanyikan nada dengan tepat merupakan dambaan setiap orang yang berprofesi sebagai penyanyi. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam intonasi yaitu:
·        relaks,
·        tidak tegang dalam menyanyi,
·        tidak takut dalam menca-pai nada tinggi,
·        percaya diri
Penyebab intonasi yang kurang tepat adalah diakibatkan karena:
·         kurang latihan sehingga kurang menguasai lagu yang dinyanyikan;
·         merasa takut jika tidak dapat mencapai nada tinggi;
·         cara pernafasan kurang sempurna;
·         tempat pengambilan nafas tidak jelas;
·         kurang peka pada iringan;
·         kesulitan membidik lompatan nada dengan tepat
8.    Phrasering
Phrasering adalah pemenggalan kalimat musik menjadi bagianbagian yang lebih pendek, tetapi tetap mempunyai kesatuan arti. Tujuan phrasering adalah agar dapat memenggal kalimat musik lebih tepat sesuai dengan isi kalimat. Phrasering ada dua macam, yaitu:
  1. Phrasering Kalimat Bahasa
Setelah mengucapkan masing-masing huruf dan bagaimana suku katanya yang harus disambung, pusat perhatian berikutnya adalah pada kesatuan kata-kata. Bernyanyi berarti membawakan suatu lagu, yaitu: dengan menghayati isi dari kata-kata, sebagai ide atau pesan
Contoh :
Maju tak gentar/ membela yang benar
Maju tak gentar/ hak kita diserang
Maju serentak /pengusir penyerang
Maju serentak/tentu kita menang
Bergerak bergerak/ serentak serentak
Menerkam /menerjang terjang
Tak gentar tak gentar/menyerang menyerang
Majulah/majulah/menang
  1. Phrasering Kalimat Musik
Kalimat musik terdiri dari rangkaian nada dalam bentuk motif atau tema lagu. Tema lagu mengungkapkan suatu ide musik.

9.    Ekspresi
Seorang penyanyi harus dapat membawakan lagu dengan baik dari suatu ciptaan sesuai dengan jiwa lagu tersebut, misalnya sedih, gembira, semangat dan sebagainya. Sebuah lagu yang gembira harus pula disertai dengan mimik atau gerakan yang gembira pula. Bernyanyi dengan ‘perasaan’ berarti bernyanyi dengan ‘hati’. Sebelum menyanyikan lagu, alangkah baiknya jika sudah menghayati apa yang akan dinyanyikan. Karena selama bernyanyi harus menghayati isi nyanyian dengan pera-saan/hati.

10.  Penampilan
Penampilan dalam menyanyi sangat menentukan berhasil tidaknya seorang penyanyi dalam suatu pertunjukan. Oleh karena itu sebagai vokalis harus benar-benar berusaha menampilkan dirinya sebaik mungkin, agar memberi kesan mempesona sehingga dapat menarik penonton. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penampilan, diantaranya yaitu make up dan kostum.

11.  Sifat Vokal dan Gaya Vokal
Sifat vokal
Berdasarkan sifatnya, suara manusia dapat digolongkan menjadi empat sifat dengan kelebihan masing-masing.
(1) dramatic;
Sifat pertama ‘dramatik’ yaitu suara bawaan yang lebih mantap, bahkan banyak pula yang ngebas. Penyanyi yang mempunyai suara ini seperti Elvis Presley, Emilia Contessa, Tom Jones, Kris Biantoro
(2) lirih;
Sifat kedua adalah ‘lirih’ yaitu sifat suara yang lebih menonjolkan perasaan daripada menonjolkan akan kesan kemantapan suaranya. Contoh penyanyi yang mempunyai sifat lirih adalah Chrisye, Siti Nur Haliza, Krisdayanti, Celine Dion, Rossa, Ebiet G. Ade
(3) coloratura
Sifat ketiga adalah ‘coloratura’ yaitu sifat vokal yang memili kelenturan atau kelincahan yang menonjol dalam memproduksi suara. Penyanyi-penyanyi coloratura seperti Syaharani, Inul Daratista, Benyamin.
(4) perpaduan dramatic dan lirih.
Sifat yang keempat adalah perpaduan antara ‘dramatik’ dan ‘lirih’ misalnya suara Stevie Wonder, George Benson, Hetty Koes Endang, Rita Efendi.

B.   Ilmu Harmoni
Pada dasarnya ilmu harmoni yang akan dibahas ada dua, yaitu harmoni konvensional dan harmoni modern. Harmoni konvensional mem-pelajari bagaimana membuat aransemen untuk paduan suara (vokal) berdasarkan pengelompokan jenis suara. Sedangkan harmoni modern adalah ilmu harmoni yang mempelajari masalah tangganada dan akor, baik untuk musik vokal maupun instrumental. Harmoni modern banyak digunakan sebagai dasar improvisasi dalam musik jazz maupun pop.

1.    Paduan Suara
Paduan suara (koor) merupakan kesatuan dari sejumlah penyanyi dari beberapa jenis suara yang berbeda dan memadukannya dibawah pimpinan seorang dirigen. Dirigen atau conductor adalah seorang yang pekerjaannya memimpin sekelompok pemain musik baik musik vokal, instrumen atau gabungan antara vokal dan instrumen.
Pada dasarnya suara manusia dibagi menjadi 4 jenis, yaitu :
  • Sopran adalah jenis suara wanita dengan wilayah nada tinggi,
  • Alto adalah jenis suara wanita dengan wilayah nada rendah,
  • Tenor adalah jenis suara pria dengan wilayah nada tinggi,
  • Bass adalah jenis suara pria dengan wilayah nada rendah.
Salah satu kemampuan yang diperlukan seorang guru musik adalah membuat aransemen paduan suara SATB. Untuk dapat membuat aransemen paduan suara, pengetahuan yang wajib dimiliki adalah dapat menentukan wilayah suara manusia sesuai dengan jenisnya. Hal ini penting karena aransemen tersebut diharapkan nantinya dapat dinyanyikan sesuai dengan wilayah suara masing-masing jenis suara.
Keempat jenis suara yaitu sopran, alto, tenor, dan bass tersebut dapat dipadukan dalam bermacam-macam kombinasi, sebagai berikut:
  • Sopran dan alto (SA), biasanya aransemen ini dinyanyikan oleh paduan suara (koor) wanita atau anak-anak.
  • TTBB (Tenor, Tenor, Bass, dan Bass) adalah paduan suara yang dinyanyikan oleh suara pria, tetapi yang lebih banyak kita jumpai adalah paduan suara pria untuk 3 suara yaitu TTB. Jenis paduan suara diatas disebut paduan suara sejenis, artinya hanya dinyanyikan oleh suara wanita atau pria saja.
  • SATB (Sopran, Alto, Tenor, dan Bass) adalah aransemen yang dinyanyikan oleh suara pria dan wanita atau sering disebut dengan istilah paduan suara campuran. Aransemen ini dianggap paling sempurna kare-na wilayah nada yang dapat dijangkau lebih luas, setiap suara dapat memperlihatkan semua registernya.

3.    Rangkuman
A.   Pengertian Musik/Vocal
Vokal menurut ensiklopedi musik dapat diartikan sebagai suara manusia. Dalam ilmu bahasa, huruf hidup disebut huruf vokal, hal ter-sebut karena huruf hidup merupakan unsur utama dalam menghidupkan bunyi bahasa itu sendiri.
Musik vokal, artinya karya musik yang dilantunkan dengan vokal. Musik vokal lazim disebut seni menyanyi.

Beberapa hal yang dapat dipelajari untuk latihan menyanyi :
1.    Jenis-jenis Suara Manusia
2.    Pernafasan
3.    Sikap Tubuh
4.    Membentuk Suara
5.    Menyambung suku kata dan aturan artikulasi dalam bernyanyi
6.    Resonansi
7.    Intonasi
8.    Phrasering
9.    Ekspresi
10.  Penampilan
11.  Sifat Vokal dan Gaya Vokal

B.   Ilmu Harmoni
Pada dasarnya ilmu harmoni yang akan dibahas ada dua, yaituharmoni konvensional dan harmoni modern. Harmoni konvensional mem-pelajari bagaimana membuat aransemen untuk paduan suara (vokal) berdasarkan pengelompokan jenis suara.
1.    Pengertian Paduan suara (Koor)
Paduan suara (koor) merupakan kesatuan dari sejumlah penyanyi dari beberapa jenis suara yang berbeda dan memadukannya di bawah pimpinan seorang dirigen.
2.    Jenis-jenis Suara
·        Sopran adalah jenis suara wanita dengan wilayah nada tinggi,
·        Alto adalah jenis suara wanita dengan wilayah nada rendah,
·        Tenor adalah jenis suara pria dengan wilayah nada tinggi,
·        Bass adalah jenis suara pria dengan wilayah nada rendah
4.    Tes Formatif
Latihan 4
1.    Jelaskan pengertian musik/vocal !
2.    Sebutkan beberapa hal yang dapat dipelajari untuk berlatih menyanyi?
3.    Mengapa ekspresi sangat diperlukan dalam menyanyikan lagu ?
4.    Jelaskan definisi paduan suara !
5.    Sebutkan jenis-jenis suara ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar